INTERNET & INTRANET

Internet dan Intranet


Pengertian Internet
 
Internet adalah jaringan komputer global  yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protokol (TCP/IP) untuk melayani bermilyar-milyar pengguna di seluruh dunia
Sejarah

Tahun
Penemuan
1969
Departemen Pertahanan Amerika , U.S Defenced Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan beberapa computer
1971
Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail
1971
Ikon ‘@’ atau ‘at’ yang berarti pada diperkenalkan.
1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer .
1972-1974
Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
1973
ARPANET merambah ke luar Amerika Serikat
1974
Vincon Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan detail spesifikasi Transmission Control Protokol
1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah danm menjadi bagian hidup manusia.
1988
Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.
1990
Tim Berners Lee menemukan WWW (World Wide Web).
1994      
Yahoo! Didirikan oleh Jerry Yang.

Contoh contoh LAYANAN

1. VoIP (Voice over Internet Protocol)
   Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung VoIP.  Di perkenalkan dan dikembangkan sekitar tahun 1995.

2. Email 
    singkatan dari Elektronik mail yang artinya surat elektronik email, dikirim melalui jaringan    internet.
  Mengirim surat elektronik berserta gambar.
  Dikirim dari alamat satu ke alamat lain nya melalui layanan internet.

3.  mIRC 
adalah sebuah program yang berbasis Bahasa Inggris dan belum mempunyai versi translasi pada saat ini.
mIRC diciptakan untuk berkomunikasi kelompok ditempat diskusi yang dinamakan channel (room), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi (private).

4. SKYPE
  Sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (Peer To Peer). Dan tujuan pepbuatan ini adalah penyediaan komunikasi suara (Voice).
SKYPE ditemukan oleh Niklas Zennstrom dan Janus Friis. 

5. TWITTER 
   Layanan jejaring sosial dan mikroblog daring. Mengirim dan membaca berbasis 140 karakter (tweet).
Twetter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan maret tahun 2006 dan jejaring sosialnya di luncurkan bulan juli

6. Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail,  Layanan e-mail berbasis web gratis ini diprakarsai oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1996 dengan nama HoTMaiL. penyimpanan yang tidak terbatas, pengamanan dengan hak paten, teknologi Ajax, dan integrasi dengan Windows Live MessengerSpacesCalendarSkyDrive, dan Contacts
7. Yahoo
  Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Yahoo! Inc. mengklaim bahwa mereka dapat menarik lebih dari lebih dari setengah milyar pengunjung setiap tahun
8. Blog
  pertamakali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs lalu diakuisisi oleh Google.com 2002 lalu. Fungsi dari blog adalah catatan harian dan lain-lain.
9. Youtube 
  adalah sebuah situs berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada 2005. Youtube merupakan anak perusahaan Google. 

10. Google 
  merupakan mesin pencari terpopuler di dunia saat ini. Google Inc. adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk internet. Produk tersebut diantaranya adalah mesin pencari, komputasi, web, perangkat lunak, dan periklanan.

Dampak Positif Interneta. Internet digunakan untuk media komunikasi.
   Misalnya dengan penggunaan chat. Dengan internet, kita bisa mengenal orang dari seluruh penjuru dunia. 
b. Internet sebagai media pertukaran data. Misalnya dengan  menggunakan email, FTP, dan WWW.
c. Internet digunakan sebagai media untuk mencari informasi dan data.
  Selain digunakan untuk mencari data bagi sesama pengguna internet.
d. Internet sebagai sumber informasi.
e. Internet digunakan untuk berbisnis secara online. Misalnya saja dengan menggunakan toko online.
f. Selain untuk berbisnis, kita juga dapat menghasilkan uang melalui internet.
g. Dilihat dari sisi pengetahuan, internet juga mengandung ilmu pengetahuan yang tidak terbatas.
h. Selain mengandung banyak pengetahuan, dengan internet, user atau pengguna juga menghemat pengeluaran karena tidak harus membeli buku untuk menambah ilmu.
i. Internet digunakan juga sebagai hiburan dengan banyak situs game online.
j. Internet digunakan disaat keadaan darurat. Misalnya dengan mengakses Google Maps saat tersesat.

Dampak Negatif Interneta. Para pemilik situs menggunakan segala cara untuk menjual situs mereka. Salah satunya dengan      menampilkan fitur kekerasan. 
b. Dengan internet, para penipu mudah juga melancarkan aksinya. 
c. Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit merupakan trend saat ini. Para penjahat internet  memanfaatkan sifat dari transaksi ini, yaitu transaksi terbuka. Penjahat dapat mendeteksi adanya transaksi,  lalu mencatat kode kartu yang digunakan. 
d. Internet yang mengandung banyak hal-hal menarik dapat membuat penggunanya kecanduan  menggunakannya sepanjang waktu
e. Di dunia maya, perjudian online sangat mungkin dilakukan dengan pengaturan yang sedemikian rupa  sehingga para penjudi dapat bermain jarak jauh
f. Internet yang mempunyai kemampuan menyimpan informasi tak terbatas bisa saja digunakan untuk  menyimpan file yang mengandung unsur pornografi. 
g. Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif dengan karena menggunakan  game off-line yang rata-rata di install dalam komputer. 
h. Pengguna internet yang berlebihan dapat mengalami Munchausen Syndrome, yaitu orang-orang dapat  berpura-pura sakit atau tertimpa bencana atau berpura-pura menjadi korban pelecehan atau yang lainnya. 
i. Pengguna internet dapat mengalami perasaan stress dan kegelisahan saat tak bisa mengakses informasi dengan cepat yang dalam bahasa ilmiah disebut Discomgoogolation. 
j. User (khususnya pengguna social media) sering kali terobsesi dengan reputasi diri di internet, sehingga  kebanyakan waktu online digunakan untuk mencari namanya sendiri di mesin pencari. Penyakit atau  syndrom ini sering disebut sebagai Egosurfing.
k. Pengguna jejaring sosial juga biasa mengintip atau melihat foto-foto orang lain dari album onlinenya.    Kebiasaan yang berlebihan dapat menimbulkan syndrom yang disebut Photolurking.

Pengertian IntranetIntranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi atau perusahaan. Sumber lain mengatakan bahwa intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet pun dapat dikategorikan sebagai intranet.

Penggunaan IntranetIntranet digunakan untuk membagi kalender atau jadwal kegiatan, dokumen dan sarana diskusi internal yang tertutup. Karena sifatnya tertutup, intranet hanya dapat diakses bagi yang mengetahui password dan penggunaanya memerlukan identifikasi user.

Dampak Positif Penggunaan Intraneta. Produktifitas kerja 
b. Efisiensi waktu 
c. Komunikasi 
d. Sistem publikasi web
e. Efektifitas biaya 
f. Meningkatkan kerja sama 
g. Keseragaman informasi

Dampak Negatif Penggunaan Intraneta. Informasi yang salah atau tidak sesuai 
b. Kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai 
c. Diperlukan pelatihan untuk menggunakan intranet
d. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun & mengembangkan intranet
e. Pertimbangan keamanan. Karena pengguna dapat mengirimkan pesan sensitif yang terlihat banyak orang
f. Dapat terjadi overload jika tidak dikontrol dengan baik

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar